Selasa, 22 Mei 2012

PENTINGNYA ORGANISASI DAN PERANAN AKUNTANSI MANAJEMEN DIMASA YANG AKAN DATANG

PENTINGNYA ORGANISASI DAN PERANAN AKUNTANSI MANAJEMEN DIMASA YANG AKAN DATANG

            Sebelum berbicara lebih jauh mengenai ruang lingkup suatu organisasi,  kita telaah terlebih dahulu mengenai arti organisasi itu sendiri.
            Organisasi berasal dari bahasa Yunani yaitu organon, yang berarti “alat” (tool). Kata ini masuk ke bahasa Latin, menjadi organization dan kemudian ke bahasa Prancis (abad ke-14) menjadi organisation. Belakangan, kata ini dipergunakan untuk menggambarkan penyusunan dan pengelolaan Berbagai aktifitas manusia (baik dengan institusi/lembaga maupun tidak), yang bertujuan menjalankan suatu fungsi atau maksud tertentu. Inilah “organisasi” dalam pengertian modern.
            Dalam bukunya Kusdi  yang berjudul “teori organisasi dan administrasi menyimpulkan bahwa organisasi adalah suatu entitas social yang secara sadar terkoordinasi, memiliki suatu batas yang relative dapat diidentifikasi, dan berfungsi secara relative kontinu (berkesinambungan) untuk mencapai suatu tujuan atau seprangkat tujuan bersama. 
organisasi dapat di artikan sebagai wadah atau proses. Organisasi sebagai wadah yaitu sekelompok manusia untuk saling bekerja sama. Sedangkan proses yaitu pengelompokan manusia dalam suatu kerjasama yang efisien. Berarti organisasi adalah sekelompok manusia yang saling bekerja sama secara efisien.
Sedikit mengutip sebuah pandangan dari Peter F.Drucker berikut ini, dalam rangka menjelaskan kaitan antara organisasi dan manajemen:
“Management is an organ of an institution, whether a business or a public service, is in turn an organ of society, existing to make special contribution and to discharge specific social functions.”
Bila kita ingin definisi yang agak lebih panjang lebar, barangkali berikut akan lebih memuaskan. Yaitu menurut E. Wight Bakke mendefinisikan organisasi sebagai berikut:
“A continuing system of differentiated and coordinated human activities utilizing, transforming, and welding together a specific set of human, material, capital, ideational, and natural resources into a unique problem-solving whole engaged in satisfying particular human needs in interaction with other systems of human activities and resources in its environment.”
Di artikan: organisasi adalah suatu system berkelanjutan dari aktivitas – aktivitas manusia yang terdiferensiasi dan terkoordinasi, yang mempergunakan, mentransformasi, dan meyatupadukan seperangkat khusus manusia, material, modal, gagasan dan sumber daya alam menjadi suatu kesatuan pemecahan masalah yang unik dalam rangka memuaskan kebutuhan – kebutuhan tertentu manusia dalam interaksinya dengan system – system lain dari aktivitas manusia dan sumberdaya dalam lingkungan. Ini adaah definisi yang sangat lengkap dan rinci.
            Dari pengertian dan pendapat di atas dapat kita lihat betapa pentingnya organisasi. Karena organisasi itu di butuhkan di suatu instansi – instansi ataupun di sebuah perusahaan karena organisasi sangat membantu memajukan suatu perusahaan tapi sebuah organisasi harus kompak atau satu pandangan atau satu tujuan agar suatu organisasi berjalan dengan baik. Dalam suatu organisasi terdapat ketua atau yang mengatur (mengontrol) sebuah organisai yaitu manajer. Manajer bertugas memanaj atau mengatur dan mengontrol sebuah organisasi agar berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan. 
            Mengenai arti sebuah manajemen dalam suatu organisasi, di dalam sebuah organisasi terdapat manajemen yang mengatur atau mengontrol akuntansi yaitu Akuntansi Manajemen. Dimana akuntasi manajemen itu adalah yang mengatur dan mengontrol suatu kegiatan yang berhubungan dengan akuntansi. Akuntansi Manajemen mengarahkan bagian akuntansi ataupun membimbing bagian akuntansi agar berjalan sesuai dengan jalurnya agar tidak melenceng dari jalurnya.
            Sebelum menerangkan peranan akuntansi manajemen dimasa yang akan datang, lebih baiknya kita mengetahui apakah pengertian dari akuntansi manajemen itu.
Pengertian akuntansi manajemen menurut  Chartered Institute of Management Accountants (CIMA) adalah "proses identifikasi, pengukuran, akumulasi, analisis, penyusunan, interpretasi, dan komunikasi informasi yang digunakan oleh manajemen untuk merencanakan, mengevaluasi dan pengendalian dalam suatu entitas dan untuk memastikan sesuai dan akuntabilitas penggunaan sumber daya tersebut. Akuntansi manajemen juga meliputi penyusunan laporan keuangan untuk kelompok non-manajemen seperti pemegang saham, kreditur, badan pengatur dan otoritas pajak "(Istilah resmi CIMA). Tetapi The American Institute of Certified Public Accountants (AICPA) menyatakan bahwa akuntansi manajemen sebagai praktik meluas ke tiga bidang berikut:

    * Manajemen Strategi - Memajukan peran akuntan manajemen sebagai mitra strategis dalam organisasi.
    * Manajemen Kinerja - Mengembangkan praktik pengambilan keputusan bisnis dan mengelola kinerja organisasi.
    * Manajemen Risiko - Berkontribusi untuk membuat kerangka kerja dan praktik untuk mengidentifikasi, mengukur, mengelola dan melaporkan risiko untuk mencapai tujuan organisasi.

Satu pengertian lagi dari Chartered Institute of Management Accountants (CIMA) menyatakan bahwa "Seorang akuntan manajemen harus mampu menerapkan pengetahuan profesional dan keterampilannya dalam penyusunan dan penyajian informasi keputusan keuangan dan lainnya yang berorientasi sedemikian rupa untuk dapat membantu manajemen dalam merumusakan kebijakan, perencanaan dan pengendalian pelaksanaan pengoperasian. "Akuntan manajemen oleh karena itu dilihat sebagai "pencipta nilai" antara akuntan. Mereka jauh lebih tertarik melihat ke depan dan mengambil keputusan yang akan memengaruhi masa depan organisasi, daripada rekaman sejarah dan kepatuhan (menjaga nilai) aspek profesi. Pengetahuan dan pengalaman akuntansi manajemen dapat diperoleh dari berbagai bidang dan fungsi dalam suatu organisasi seperti manajemen informasi, perbendaharaan, audit efisiensi, pemasaran, penilaian, penetapan harga, logistik, dan lainnya.
Jadi betapa pentingnya peranan akuntansi manajemen di dalam sebuah perusahaan apalagi di masa yang akan datang banyak perusahan dalam negeri atau perusahaan asing yang berdiri di Indonesia ini. Jadi betapa pentingnya akuntansi manajemen ini untuk membantu perusahaan itu berjalan dengan baik dan mencapai tujuan yang di inginkan. Karena akuntansi manajemen membantu penyusunan dan menyajikan informasi keputusan keuangan dan lainnya untuk membantu manajemen dalam merumuskan kebijakan, perencanaan, dan pengendalian pelaksanaan pengoperasian di dalam sebuah perusahaan.

oleh Fathul Ulum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar